TEMATIK
Materi hari ini muatan pelajaran IPS, bisa dibaca di buku Tema 1 halaman 8 dan 9 yang sudah dibagikan kemarin, yaitu tentang Keberagaman dan cara menyikapinya.
Setelah selesai membaca, anak-anak diminta mengisi tabel Cara Menyikapi Keberagaman Budaya yang ada pada halaman 10. Ada 5 baris yang harus diisi. Ada dua pilihan cara mengerjakan dan mengumpulkan hasilnya:
Penjelasan singkat materi halaman 8-9 bisa disaksikan di video berikut!
Materi hari ini muatan pelajaran IPS, bisa dibaca di buku Tema 1 halaman 8 dan 9 yang sudah dibagikan kemarin, yaitu tentang Keberagaman dan cara menyikapinya.
Setelah selesai membaca, anak-anak diminta mengisi tabel Cara Menyikapi Keberagaman Budaya yang ada pada halaman 10. Ada 5 baris yang harus diisi. Ada dua pilihan cara mengerjakan dan mengumpulkan hasilnya:
- Dikerjakan di Buku tema 1 lalu difoto dan dikirimkan hasilnya ke nomor WA saya (jangan kirim ke group)
- Dikerjakan di buku tulis dan dikumpulkan nanti jika sudah ada jadwal pengumpulan (menyusul)
No.
|
Cara Menyikapi Keberagaman
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
Penjelasan singkat materi halaman 8-9 bisa disaksikan di video berikut!
BAHASA JAWA
Untuk Bahasa Jawa, hari ini kita akan mempelajari tentang Geguritan.
Yaitu pengertian dan aturan (Paugeran) geguritan. Penjelasannya ada di halaman
4.
Coba bacalah dengan perlahan halaman 4.
Cari tahu apa pengertian Geguritan dan aturan atau paugeran geguritan
yang juga merupakan ciri-ciri (tenger) geguritan!
Dalam bahasa Indonesia, Geguritan disebut Puisi. Jadi Geguritan bisa
disebut juga Puisi basa Jawa.
Geguritan, yaiku puisi basa Jawa gagrag anyar (modern) kang ora kaiket
dening paugeran (aturan) sing gumathok.
Ateges Bebas jumlah larik ing saben pada
(bait), bebas jumlahe pada, lan bebas pilihan tembung
kang digunakake. Sing penting, isine mentes lan pantes.
Larik = baris, pada = bait, pilihan tembung =
diksi, pilihan kata.
Cobalah membaca salah satu Geguritan pada halaman
4. Jika perlu ulangi sampai lancar.
Contoh cara membaca geguritan dapat dilihat di video
berikut ini.